TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Diajukan sebagai salah satu tugas
individu matakuliah perkembangan peserta didik
Disusun oleh :
Aris Meindrawati (130210302017)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2013
IDENTITAS BUKU
JUDUL BUKU : PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN
PENERBIT : RINEKA CIPTA
TAHUN TERBIT : JANUARI 2005
HALAMAN : 231 HALAMAN
PENGARANG : Drs. H. Abu Ahmadi
Drs.
Munawar Sholeh
RANGKUMAN
1. Pengertian Psikologi Perkembangan
a. Arti Perkembangan
Perkembangan
yaitu suatu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Dalam
perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat
tetap dan tidak dapat di ulangi.
b. Perkembangan Ada Kesamaan dengan
Pertumbuhan
Para psikolog tidak membedakan antara
istilah perkembangan dan pertumbuhan; namun ada yang lebih setuju akan istilah
pertumbuhan. Menurut pendapat para psikolog istilah perkembangan lebih dapat
mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala psikologis yang
menampak.
c. Psikologi Kepribadian dan Psikologi
Perkembangan
Psikologi kepribadian lebih memusatkan
perhatiannya pada sifat-sifat kepribadian yang umum dan yang khusus.
2. Masalah Perkembangan
Setiap anak secara kodrat membawa variasi dan irama
perkembangannya sendiri, perlu di ketahui setiap orang tua, agar ia tidak bertanya-tanya bahkan bingung atau bereaksi
negatif yang lain dalam menghadapi perkembangan anaknya.
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk
yang hidup dalam keadaan :
·
Psikofisis
·
Sosio individual
·
Culturilreligious
·
Psikofisis, yang berarti manusia adalah makhluk
yang hidup dalam kesatuan dua, secara jasmaniah dan rohaniah.
·
Sosio individual, yang berarti manusia adalah
makhluk yang hiduo dalam kesatuan dua, sosial, dan individual.
·
Culturilreligius, yang berarti manusia adalah
makhluk yang hidup dalam kesatuan dua, di capta ( oleh Maha Pencipta ) dan
mencipta ( kebudayaan)
3.
Teori
Perkembangan
Teori-teori yang menyangkut tentang
perkembangan anak dari para ahli itu sangat beragam polanya, akan tetapi secara
sederhana dapat di sebutkan antara lain :
a. Teori Empirisme
Tokoh teori ini adalah Francis Bacon
(Inggris 1561 – 1626) dan John Locke (Inggris 1632 – 1704). Teori ini
berpandangan bahwa : pada dasarnya anak lahir ke dunia; perkembangannya di
tentukan oleh adanya pengaruh dari luar, termasuk pendidikan dan pengajaran.
b. Teori Nativisme
Tokoh utamanya adalah Shopenhauer
(Jerman 1788 – 1860).
Teori ini mengemukakan bahwa anak
lahir telah di lengkapi pembawaan bakat alami (kodrat). Dan pembawaan inilah
yang akan menentukan wujud kepribadian seorang anak.
c. Teori Konvergensi
Teori
ini penganjur utamanya adalah Williams Stern di bantu
Istri
setianya Clara Stern. Di ungkapkan bahwa
perkembangan
Jiwa
anak lebih banyak di tentukan oleh dua faktor yang saling
Menopang,
yaitu faktor bakat dan faktor pengaruh
Lingkungan
d. Teori Rekapitulasi
Rekapitulasi berarti ulangan, yang di
maksudkan di sini adalah bahwa perkembangan
jiwa anak adalah merupakan hasil ulangan dari perkambangan seluruh jenis
manusia.
e. Teori Psikodinamika
Teori ini berpendapat bahwa
perkembangan jiwa atau kepribadian seseorang di tentukan oleh komponen dasar
yang bersifat sosio efektif, yakni ketegangan yang ada di dalam diri seseorang
itu ikut menentukan dinamikanya di tengah-tengah lingkungannya.
f. Teori Kemungkinan Berkembang
Teori ini berlandaskan pada
alasan-alasan:
·
Anak adalah makhluk manusia yang hidup
·
Waktu di lahirkan anak dalam kondisi tidak
berdaya, sehingga ia membutuhkan perlindungan.
·
Dalam perkembangan anak melakukan kegiatan yang
bersifat pasif ( menerima ) dan aktif (
eksplorasi ).
g. Teori Interaksionisme
Menurut teori ini, perkembangan jiwa
atau perilaku anak banyak di tentukan oleh adanya dialektif dengan lingkungannya.
Maksudnya , perkembangan kognitif seorang anak
bukan merupakan perkembangan yang
wajar, melainkan di tentukan interaksi budaya.
4. Hukum Perkembangan
Hukum – hukum perkembangan antara lain
:
a. Hukum tempo perkembangan
Bahwa perkembangan jiwa tiap-tiap anak
itu berlainan, menurut temponya masing-masing perkembangan anak yang ada. Ada
yang cepat dan ada yang lambat.
b. Hukum irama perkembangan
Hukum ini mengungkapkan bukan lagi
cepat atau lambatnya perkembangan anak , akan tetapi tentang irama atau ritme
perkembangan. Jadi perkembangan anak itu mengalami gelombang “ pasang surut “ ,
mulai lahir hingga dewasa, kadang kala anak tersebut mengalami juga kemunduran
dalam suatu bidang tertentu.
c. Hukum konvergensi perkembangan
Pandangan pendidikan tradisional di masa lalu
berpendapat bahwa hasil pendidikan yang dicapai anak selalu di hubung-hubungkan
dengan status pendidikan orang tuanya. Menurut kenyataan yang ada sekarang
ternyata bahwa pendapat lama itu tidak sesuai lagi dengan keadaan.
d. Hukum kesatuan organ
Tiap-tiap anak itu terdiri dari
organ-organ ( anggota ) tubuh, yang merupakan
satu kesatuan, di antara organ-organ tersebut antara fungsi dan
bentuknya, tidak dapat dipisahkan berdiri integral.
e. Hukum hierarki perkembangan
Bahwa perkembangan anak tidak mungkin
akan mencapai suatu fase tertentu dengan cara spontan atau sekaligus, akan
tetapi harus melalui
tingkat-tingkat/tahapan tertentu yang telah tersusun sedemikian rupa. Sehingga
perkembangan diri seseorang menyerupai derat perkembangan.
f.
Hukum
masa peka
Masa peka adalah suatu masa yang
paling tepat untuk berkembang suatu fungsi kejiwaan atau fisik seorang anak.
g. Hukum memperkembangkan diri
Dalam kehidupan bimtul dorongan dan
hasrat untuk mempertahankan diri. Dorongan yang pertama adalah dorongan
mempertahankan diri, kemudian disusul dengan dorongan mengembangkan diri.
h. Hukum rekapitulasi
Hukum ini kelanjutan dari teori
rekapitulasi, yakni perkembangan jiwa anak adalah ulangan kembali secara
singkat dari perkembangan manusia di
dunia. Dari masa berburu hingga masa industri.
5.
Periodisasi
Perkembangan
teori-teori yang ada dapat di
golongkan menjadi 3 (tiga) macam yakni:
a.
Periodisasi yang berdasarkan biologis
b.
Periodisasi yang berdasarkan didaktis
c.
Periodisasi yang berdasarkan psikologis
a. Periodisasi yang berdasarkan biologis
Periodisasi berdasarkan biologis
adalah kondisi atau proses pertumbuhan biologis anak. Hal itu dapat dimaklumi
karena pertumbuhan biologis ikut berpengaruh terhadap perkembangan
kejiwaan seorang anak.
b. Periodisasi berdasarkan didaktis
Yang dimaksud dari tinjauan ini adalah
dari segi keperluan/ materi apa kiranya yang tepat diberikan kepada anak didik
pada masa-masa tertentu, serta memikirkan tentang kemungkinan metode yang
paling efektif untuk di terapkan di dalam mengajar atau mendidik anak pada masa
tertentu tersebut.
c. Periodisasi berdasarkan psikologis
Pada pembagian ini, gejala
perkembangan jiwa anak, berorientasi
dari sudut pandang psikologis, tidak lagi mendasarkan pada sudut biologis atau
didaktis lagi.
6. Perkembangan Tanggapan
Mempelajari perkembangan tanggapan
anak, tidak terlepas dengan mempelajari teori-teori perkembangan pengamatan
anak. Dalam polanya kedua aspek tersebut memang berbeda tetapi antara keduanya
saling terkait dan ada kesamaan yang mendasar yakni: adanya proses belajar mengenal
atau menguasai objek, atas stimulus yang datang kepadanya, dengan menggunakan
potensi yang dimilikinya.
7. Perkembangan pikiran
Perkembangan pikiran anak itu pada
dasarnya berhubungan erat dengan perkembangan bahasa, keduanya merupakan faktor
penentu bagi seseorang dapat menyampaikan gagasannya, keinginannya dalam
mengadakan komunikasi dengan yang lain.
Perkembangan pikirannya dibedakan
menjadi 2 bentuk yaitu:
a.
Perkembangan formal, yaitu perkembangan
fungsi-fungsi pikir atau alat-alat pikir anak untuk dapat menyerap,menimbang,
dan menguraikan.
b.
Perkembangan material, yaitu perkembangan jumlah
pengetahuan pikir oleh seorang anak itu dapat memiliki dan dikuasainnya.
KRITIK
: Dalam buku ini hanya di sebutkan adanya persamaan antara perkembangan dan
pertumbuhan, namun tidak disebutkan perbedaan-perbedaan yang ada pada
pertumbuhan dan perkembangan . Dalam teori-teori perkembangan tidak disebutkan
dengan contoh-contohnya, seandainya disebutkan dengan contoh-contohnya maka
buku ini terasa lebih lengkap.
DUKUNGAN
: Buku ini sudah sesuai dengan syarat-syarat percetakan, dan juga isinya sudah
menjelaskan mengenai hal-hal penting tentang psikologi perkembangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar